Media Cyber Portibi
Highlight Sumut

Audiensi ke Bupati, Kemenag Deli Serdang Harap Pemkab Bantu Guru PAI Bisa Ikut PPG

 

DELI SERDANG(Portibi DNP): Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan menerima audiensi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Deli Serdang di kantor Bupati Deli Serdang, Rabu (3/8/2022).

Dalam sambutannya, Bupati menyatakan pada dasarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang sangat serius untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Deli Serdang, yakni visi religius.

“Ada hal penting di Deli Serdang ini untuk bagaimana bisa mereligiuskan masyarakat. Selain memajukan dan mensejahterakan, bagaimana masyarakat Deli Serdang ini lebih beriman, lebih taat untuk semua agama dan bagaimana dalam meningkatkan ketakwaan itu semakin baik,” kata Bupati.

“Masyarakat Deli Serdang ini adalah masyarakat yang maju serta hidup dengan rukun dan guyub. Maka, saya harapkan juga dari pemahaman kita bersama agar masyarakat yang religius dan semakin baik,” sambung BUpati.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis), Hj Nurlela, menerangkan pada tahun 2020 lalu, sebenarnya sudah ada surat edaran untuk koordinasi dengan Pemkab Deli Serdang dalam rangka partisipasi pemerintah daerah dalam membantu biaya Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“Ada 1.181 Guru Pendidikan Agama Islam kita baik tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), yang ditempatkan di sekolah, tapi tunjangan profesinya dibayarkan oleh Kemenag. Jadi, yang sudah mendapat sertifikasi tunjangan PPG itu yang PNS dengan jumlah 389 orang, sedangkan yang non PNS ada 102 orang,” terangnya.

Tahun 2021 lalu, lanjut Hj Nurlela, PPG untuk non PNS sudah dibayarkan. Namun, dari Kemenag hal tersebut menjadi kendala karena ada lebih dari 600 guru belum sertifikasi.

“Semua pasti akan ikut seleksi karena sangat diharapkan. Sampai hari ini, kita dari tahun 2019, masih ada yang sudah lulus tes dari 86 orang dan ada 51 orang lagi yang belum PPG dikarenakan memang anggaran Kementerian Agama tidak mencukupi untuk pengadaan PPG bagi seluruh guru agama kita dan di tahun 2022, ada 318 Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dari tingkat SD, SMP, SMA ini sudah lulus tes. Keseluruhan ada 369 orang Guru PAI yang belum PPG sudah lulus, namun belum PPG beberapa kali supaya terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Mohon kiranya hal ini bisa dianggarkan untuk mereka untuk mengikuti PPG,” harapnya.

Turut hadir Kepala Kemenag Deli Serdang, H Abdul Haris Harahap, Kasubag Tata Usaha, H Fahrizal, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Mukti Ali Harahap SAg MSi, Kepala Dinas Pendidikan Yudy Hilmawan SE MM, dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. (PD04)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts

Toke Tambang Sekaligus Ketua Ormas Dilaporkan Wartawan dan Jurnalis Madina Perihal Pengancaman

admin portibi

Jokowi Pastikan Tidak Ada Beras Impor Masuk Ke Indonesia

admin

Warga Labuhanbatu Kembali “Geruduk” Kantor Koperasi UKM

admin

Leave a Comment