Media Cyber Portibi
Medan

Hari Keputeraan ke-105 Pendiri Pancabudi, Gubernur Edy Sebut Syekh Kadirun Yahya Tokoh Panutan Sumut

 

FOTO: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri acara Gebyar Hari Keputeraan 105 Tahun Prof. Dr. H. Sayyidi Syekh Kadirun Yahya, MA, M.Sc di Aula Universitas Panca Budi Medan, Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (25/6/2022). (Foto Dinas Kominfo Provinsi Sumut : Veri Ardian)

MEDAN (Portibi DNP): Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kagum dan hormat dengan sosok Prof Dr H Sayyidi Syekh Kadirun Yahya yang merupakan tokoh panutan orang Sumut. Menurutnya Syekh Kadirun Yahya merupakan tokoh yang memegang teguh kebenaran.

 

Hal tersebut disampaikan Edy Rahmayadi saat menghadiri Gebyar Hari Keputeraan ke-105 Syekh Kadirun Yahya di Aula Universitas Pembangunan Panca Budi, Jalan Gatot Subroto, Medan, Sabtu (25/6). Menurutnya, Syekh Kadirun Yahya yang merupakan pendiri lembaga pendidikan Pancabudi dan seorang tokoh agama yang besar di Sumut, yang memiliki nilai keislaman yang tinggi.

 

“Kita semua tahu pendiri (Pancabudi) ini, semua orang Sumut pasti tahu, karena beliau panutan, pernah di militer, pernah memimpin perang, prajurit yang seumur saya pasti tahu beliau (Syekh Kadirun Yahya),” kata Edy.

 

Edy juga melihat jiwa nasionalisme ada pada Syekh Kadirun Yahya. Ia mengharapkan segenap masyarakat Sumut juga menirunya. Sebab Islam juga mengajarkan cinta Tanah Air, namun dengan tetap berpedoman pada Alquran dan Hadis.

 

Karena itu, Edy meminta para ulama untuk terus menuntun generasi muda agar terus pula memedomani Alquran dan hadis dalam keseharian. “Saya katakan, kalau sudah berpegang kita pada Alquran dan hadis apa yang kita takuti, sudah itu pasti paling benar, itulah tuntunan kita,” kata Edy.

 

Rektor Universitas Pembangunan Pancabudi Muhammad Isa Indrawan mengatakan Kadirun Yahya merupakan sosok yang pernah berkontribusi bagi nasional. Tokoh yang lahir di Pangkalan Brandan, Langkat ini pernah ikut berjuang dalam operasi pembebasan Irian Barat hingga menjabat sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Republik Indonesia.

 

Di bidang keislaman, Syekh Kadirun Yahya merupakan seorang Mursyid Tarekat Naqsabandiyah. “Beliau juga salah satu tokoh penggagas tarbiyah Sumut, Ikatan Cendikiawan Muslim Sumut dan berbagai aktivitas lainnya, ” kata Isa.

 

Kegiatan Gebyar Hari Keputeraan ke-105 merupakan peringatan hari lahir Syekh Kadirun Yahya. Kegiatan tersebut memiliki banyak rangkaian kegiatan di antaranya bedah buku Syekh Kadirun Yahya, hingga seminar nasional.*P08

 

Print Friendly, PDF & Email

Related posts

Nawal Lubis Ingin Tingkatkan Kegemaran Membaca di Sumut

Redaksi Portibi

Edy Rahmayadi Ajak Aktivis Kehutanan Bantu Permasalahan Hutan di Sumut

Redaksi Portibi

Bobby Nasution Tekankan Pengerjaan Drainase di Kawasan Kota Lama Poin yang Harus Diperhatikan

Redaksi Portibi

Leave a Comment