Media Cyber Portibi
Headline Sumut

Mantap! Kasus Dugaan Penyalahgunaan Anggaran di DLH Kota Binjai dan Anggaran Fiktif di Kessos Langkat Akan Diselidiki Polda Sumut

MEDAN – Polda Sumatera Utara dalam waktu dekat akan melakukan penyelidikan dan pendalaman terkait kasus dugaan yang ada di Binjai dan Langkat.

Lalu, kasus apa saja yang akan diselidiki oleh pihak Polda Sumut? Menurut Kapolda Sumut, melalui Kabid Humas Polda Sumut, Hadi Wahyudi, ketika diminta komentarnya mengenai kasus dugaan penyalahgunaan anggaran di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai dan dugaan anggaran fiktif di bagian Kesejahteraan Sosial (Kessos) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat mengatakan, akan segera melakukan penyelidikan.

“Terimakasih infonya, kita akan lakukan penyelidikan dan pendalaman informasi itu,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Selasa (2/2/2021).

Sekadar latar, Dewan Pengurus Daerah Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (DPD ALAMP AKSI) menemukan adanya dugaan anggaran fiktif di Bagian Kesejahteraan Sosial (Kessos) Kabupaten Langkat.

Tak tanggung-tanggung, anggarannya kurang lebih sebesar Rp1,2 milyar.Menurut Ketua DPD ALAMP AKSI, Andika Perdana S.H.I, anggaran itu ditemukan dalam APBD 2020.

Disitu disebutkan, anggaran diberikan kepada salah satu lembaga berinisial FKDT, beralamat di Jalan Diponegoro, Nomor 1, Kompleks Pemda Langkat.

Merasa penasaran, DPD ALAMP AKSI kemudian mendatangi alamat tersebut.Alangkah terkejutnya DPD ALAMP AKSI, sebab alamat yang tertulis di dalam APBD Langkat merupakan alamat milik Majelis Ulama Indonesia (MUI) Langkat.

DPD ALAMP AKSI, dengan cara berpura-pura ingin membantu lembaga FKDT, kemudian mendatangi Kantor MUI.Anehnya, saat ditanya kepada salah seorang staff di MUI, malah staff di MUI juga tidak mengetahui tentang lembaga tersebut.

“Dari hasil investigasi inilah, DPD ALAMP AKSI menduga ada bantuan fiktif yang diberikan oleh bagian Kessos Langkat.Sebab, alamat kantor yang ditulis dalam APBD tidak sesuai dengan kenyataannya.Masa kantor MUI diakui sebagai alamat kantor FKDT,” katanya kepada wartawan, Senin (1/3/2021).

Menurutnya, dalam waktu dekat DPD ALAMP AKSI akan melaporkan permasalahan ini ke penegak hukum, jika semua bukti-bukti yang dibutuhkan sudah terkumpul.”Kami lengkapi dulu bang bukti-buktinya.Jika sudah lengkap, kami akan melaporkan permasalahan ini ke penegak hukum,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bagian Kessos Langkat, Syahrizal.S.Sos, ketika dikonfirmasi wartawan mengenai prihal di atas via pesan WhatsApp, hingga berita ini dibuat belum juga membalas, padahal pesan sudah berceklist dua menandakan pesan sudah masuk.

Lalu, pada tahun 2019, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Binjai ada menganggarkan beberapa pekerjaan.

Dari beberapa pekerjaan yang dianggarkan, diduga pekerjaannya tidak sesuai dengan apa yang dianggarkan.

Diantaranya, pemeliharaan dan perawatan rutin TPA Rp.512.476.000, operasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana TPA Rp.699.154.047, rehabilitasi atap kantor TPA Rp.38.890.000.

Pembinaan dan perlombaan Bank sampah /3R Rp. 150.000.000, pencemaran dan perusakan lingkungan hidup Rp. 2.760.610.164 dan gerakan penanaman pohon Rp.40.000.000.

Nah, disini, wartawan mencoba melakukan kroscek terhadap beberapa pekerjaan yang disebutkan di atas.

Dari pekerjaan di atas, wartawan menemukan adanya pekerjaan yang diduga tidak sesuai dengan apa yang dianggarkan.

Salah satunya, rehabilitasi atap kantor TPA. Dilihat, kondisi atap kantor TPA, diduga hanya diganti sengnya saja.

Atas hal ini, wartawan mencoba melakukan konfirmasi via pesan WhatsApp, kemarin, kepada pria yang disebut-sebut bernama, Mangunsong, yang diduga menanggungjawabi beberapa pekerjaan di DLH Binjai.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, Mangunsong, belum membalas, padahal pesan sudah berceklist dua menandakan pesan sudah dilihat atau dibaca.(BP)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts

Tim Gabungan Lakukan Pemantauan dan Pencegahan Asmara Subuh di Enam Titik

Redaksi Portibi

Edy Rahmayadi Ingin Terus Pacu Produksi Jagung Sumut

Redaksi Portibi

STMIK Royal Kisaran Wisuda 261 Mahasiswa Sekaligus laksanakan Kerjasama Internasional dengan UiTM Malaysia

Redaksi Portibi

Leave a Comment