Media Cyber Portibi
Hukum Nasional

Pungut Biaya Pembuatan Sertifikat Sebesar Rp 400.000, Kades Sorek Dua Harus Diusut

 

PELALAWAN(Portibi DNP): Pembuatan sertifikat yang di programkan Bapak Presiden RI Joko Widodo di seluruh penjuru Indonesia di sambut baik oleh rakyat apalagi pembuatan sertifikat tersebut gratis tanpa di pungut biaya.

Awak media menerima aduan dari masyarakat desa Sorek dua bahwasanya mereka di pungut biaya sebesar Rp 400.000,- untuk pembuatan sertifikat mereka.

Dimana masyarakat harus mempersiapkan persyaratan seperti materai 10.000 2lembar, foto kopi KTP, foto kopi surat tanah dan administrasi sebesar Rp 400.000,-.

Sedangkan yang melakukan pengutipan uang administrasi kepada warga adalah pak RT masing – masing secara bertahap dimana tahap pertama masyarakat harus membayar administrasi Rp 200.000 beserta persyaratan yang di perlukan. “ Sedangkan Rp 200.000 lagi setelah masyarakat terima sertifikat nya,” tutup warga yang gak mau di sebutin nama nya.

Kami coba mengkonfirmasi kepada pihak desa tersebut salah satu perangkat desa, pihaknya mengatakan biaya pembuatan sertifikat tersebut sebesar Rp 400.000 untuk biaya administrasi dan pengukuran.

Dimana uang Rp 400.000 itu untuk biaya makan minum pengukur dari pihak BPN dan RT RW dan beliau juga menyebutkan bahwa itu hasil dari musyawarah kepala desa dan pengurus desa.

Untuk target pembuatan sertifikat tahun ini ( 2021 ) sebanyak 1.100 hingga 1.200 sertifikat jika target pertapakan tidak mencukupi akan dialihkan ke kebun, dan biaya Rp 400.000 sampai sertifikat keluar.

Sebetul nya kalau dari BPN itu gratis ujar salah satu perangkat desa tapi untuk biaya makan minum orang itu di lapangan.

Diminta APH ( Aparat Penegak Hukum ) untuk tindak lanjuti terkait adanya pungutan liar ( pungli ) di pemerintah desa Sorek dua kecamatan pangkalan kuras kabupaten Pelalawan Riau untuk pembuatan sertifikat tanah warga di pungut biaya sebesar Rp 400.000.TIM

Print Friendly, PDF & Email

Related posts

Inilah Pelaku Pembacokan Kanit Narkoba Polres Belawan Saat Grebeg Narkoba

admin

Imunitas Tubuh Terjaga, Pangkoarmada II Pilih Jalan Santai Dan Olahraga Bersepeda

Redaksi Portibi

Aktivis Anti Korupsi Desak Usut Indikasi Korupsi di Dinas PU Medan

admin

Leave a Comment