Media Cyber Portibi
Sumut

Tindak Lanjut Pertanggungjawaban Perusahaan, PT. SMGP Bersama Keluarga Korban Tanda Tangani Perjanjian

Foto : Maradotang Pulungan /Portibi DNP

PANYABUNGAN (Portibi DNP) : PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) terus menindak-lanjuti penyelesaian masalah yang timbul dari musibah yang terjadi pada tanggal 25 Januari 2021 lalu sewaktu perusahaan melakukan uji coba pengoperasian salah satu sumur uap panas bumi di Desa Sibanggor Julu Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara.

Perdamaian antara pihak keluarga korban meninggal dengan pihak PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) yang ditandai dengan penanda-tanganan surat perjanjian perdamaian dan surat pernyataan keluarga korban dan atau ahli waris korban menerima perdamaian dan sepakat menyelesaikan masalah yang timbul secara kekeluargaan berlandaskan musyawarah dan mufakat yang dilaksanakan di aula kantor Bupati Mandailing Natal, Jumat (05/02/2021).

Disebutkan juga bahwa pihak keluarga korban memaklumi dan memaafkan PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) atas musibah tersebut dan menerima santunan sebagai itikad baik perusahaan. Dengan tercapainya kesepakatan bersama ini, pihak keluarga korban akan membebaskan tuntutan terhadap PT SMGP dan PT SMGP bersedia membantu dan bekerjasama dalam setiap proses-proses investigasi oleh yang berwajib.

Tercapainya kesepakatan perdamaian ini difasilitasi oleh Bupati Mandailing Natal Dahlan Hasan Nasution, bersama Forkopimda Kabupaten Mandailing Natal

Dalam kesepakatan yang ditanda tangani oleh pihak PT. SMGP dan pihak keluarga korban dimana selain tali asih sebesar Ro. 175 juta juga sebagai bukti keseriusan pihak Perusahaan juga menyatakan akan menyanggupi berbagai persyaratan yang diajukan oleh pihak keluarga korban.

Berikut ini adalah isi kesepakatan yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak di depan Forkopimda Mandailing Natal, dimana pihak perusahaan bersedia memberikan Tali Asih, perusahaan bersedia memberikan BPJS Kesehatan kepada ahli waris atau keluarga korban dengan rentang waktu yang disepakati bersama, perusahaan bersedia menanggung biaya pendidikan bagi anak ahli waris sampai tingkat pendidikan sarjana atau S1 sesuai dengan mekanisme dari perusahaan, perusahaan bersedia mempekerjakan anak ahli waris yang sudah tidak sekolah di perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan prosedur perusahaan, perusahaan bersedia mempekerjakan orang tua korban di perusahaan sesuai dengan kemampuan dan keahlian apabila orang tua korban menginginkan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan dan prosedur, perusahaan bersedia memberikan bantuan acara kenduri atau sedekah bagi anak korban dengan teman sekolah SMP sebesar 10 juta rupiah.

Hadir dalam musyawarah tersebut seluruh keluarga korban dan pihak PT SMGP yang diwakili oleh Ketua Tehnik Panas Bumi Eddy Yanto dan unsur Forkopimda Kabupaten Mandailing Natal, pihak Kementerian ESDM dan seluruh unsur terkait. PD 03

Print Friendly, PDF & Email

Related posts

Kapolresta Deli Serdang hadiri Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-76 Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022

admin

Bersilaturahmi ke Besilam, Edy Rahmayadi Imbau Jemaah Haul Tuan Guru Besilam Selalu Taati Prokes

Redaksi Portibi

Gerebek Kampung Narkoba, 10 Orang dan 9 Mesin Judi Diboyong ke Mapolres Langkat

admin portibi

Leave a Comment