Media Cyber Portibi
TNI

Unsur Tugas Marinir Satgas Latma Rimpac 2022 TNI AL Tiba di Hawaii

HAWAI (Portibi DNP): Unsur Tugas (UT) Marinir yang tergabung dalam Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (Satgas Latma Rimpac) 2022 TNI AL tiba di Bandara Internasional Daniel K. Inouye, Hawaii, Amerika Serikat pada Senin (27/6) lalu.

 

UT Marinir tersebut selanjutnya akan segera bergabung dengan Satgas yang sudah datang lebih dahulu dengan KRI I Gusti Ngurah Rai-332. Kedatangan UT Marinir yang dikomandani Mayor Marinir Achmad Toripin ini disambut langsung oleh Atase Laut (Atal) RI Kolonel Laut (P) Yano Wenas dan Komandan Satgas (Dansatgas) Latma Rimpac 2022 Kolonel Laut (P) Lewis N. Nainggolan.

 

Setibanya di Hawaii UT Marinir langsung bergeser ke Marine Corps Base in Hawaii (MCBH) dan selanjutnya melaksanakan proses administrasi kedatangan untuk menempati Camp latihan.

 

Keterlibatan TNI AL dalam Latma Rimpac 2022 ini merupakan salah satu program antara TNI AL dengan US Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL sesuai dengan harapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Latma Rimpac juga dapat memberikan pengalaman langsung kepada TNI AL dalam menguji kemampuan operasi jarak jauh atau Long Range Operations.

 

Pada seri Latma Rimpac yang ke-28 ini, TNI AL mengirimkan satu kapal perang, yakni KRI I Gusti Ngurah Rai-332, 35 prajurit Marinir, dan 3 personel pengendali latihan yang akan mengikuti latihan mulai tanggal 29 Juni sampai dengan tanggal 4 Agustus 2022 di Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat.

 

(Pen 2)

Print Friendly, PDF & Email

Related posts

Pangkormada II Lepas Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto Dengan Acara Farewell

Redaksi Portibi

KRI GNR-332 Satgas RIMPAC TNI AL 2022 Berhasil Laksanakan Uji Coba Latihan Pembekalan Di Laut

Redaksi Portibi

KRI Tongkol-813 Evakuasi Medis Crew HMAS Merville Royal Australian Navy

Redaksi Portibi

Leave a Comment